Translate

Thursday, October 18, 2012

TEPUNG MOCAF

Dear Pelanggan,

TOJO punya produk namanya TEPUNG MOCAF. Namun, masyarakat banyak yang belum mengerti apa itu Tepung Mocaf. Berikut cuplikan artikel dari http://kolompemuda.com yang berjudul Apa Itu Tepung MOCAF (9 Juni 2012):
MOCAF adalah singkatan dari Modified Cassava Flour atau dalam bahasa Indonesia berarti Modifikasi Tepung Ketela Pohon. Tepung MOCAF ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh Dr. Achmad Subagio, staf pengajar di Universitas Negeri Jember Jawa Timur.
Secara definitif, MOCAF adalah produk tepung dari singkong yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel singkong secara fermentasi, dimana mikroba BAL (Bakteri Asam Laktat) mendominasi selama fermentasi tepung singkong ini.
Mikroba yang tumbuh menghasilkan enzim pektinolitik dan selulolitik yang dapat menghancurkan dinding sel singkong, sedemikian rupa sehingga terjadi liberasi granula pati. Mikroba tersebut juga menghasilkan enzim-enzim yang menghidrolisis pati menjadi gula dan selanjutnya mengubahnya menjadi asam-asam organik, terutama asam laktat.
Hal ini akan menyebabkan perubahan karakteristik dari tepung yang dihasilkan berupa naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarut. Demikian pula, cita rasa MOCAF menjadi netral dengan menutupi cita rasa singkong sampai 70%.
Walaupun dari komposisi kimianya tidak jauh berbeda, MOCAF mempunyai karakteristik fisik dan organoleptik yang spesifik jika dibandingkan dengan tepung singkong pada umumnya. Kandungan nitrogen MOCAF lebih rendah dibandingkan tepung singkong, dimana senyawa ini dapat menyebabkan warna coklat ketika pengeringan atau pemanasan. Dampaknya adalah warna MOCAF yang dihasilkan lebih putih jika dibandingkan dengan warna tepung singkong biasa.
Kondisi saat ini menunjukkan bahwa produk MOCAF secara ekonomis ternyata jauh lebih murah daripada produk terigu yang selama ini beredar di pasaran. Bahan baku yang mudah dibudidayakan, murahnya harga ubi kayu di pasaran saat ini, serta proses pengolahan tepung yang tidak memerlukan teknologi tinggi, membuat harga MOCAF saat ini lebih murah dari harga terigu. Hal ini membuat produk makanan apapun yang dibuat dari tepung MOCAF akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan tepung terigu.
Selama ini penggunaan tepung ubi kayu masih sangat terbatas, hal itu disebabkan kualitasnya yang rendah. Untuk food ingredient misalnya, seperti substitusi terigu sebesar 5% pada mie instant yang menghasilkan produk dengan mutu rendah, atau pada kue kering.
Namun aplikasi tepung MOCAF dengan karakteristik yang dijelaskan di atas, ternyata mampu menghasilkan produk makanan yang sangat menggembirakan.
Hasil uji coba menunjukkan MOCAF dapat digunakan sebagai food ingredient dengan penggunaan yang sangat luas. MOCAF ternyata tidak hanya bisa dipakai sebagai bahan pelengkap, namun dapat langsung digunakan sebagai bahan baku dari berbagai jenis makanan, mulai dari mie, bakery, cookies hingga makanan semi basah.
Ternyata Tepung MOCAF mempunyai banyak kegunaan dan selain itu MOCAF juga bebas gluten sehingga cocok untuk penderita yang alergi gluten dan anak-anak berkebutuhan khusus.
COBALAH TEPUNG MOCAF YANG ADA DI TOJO...TERSEDIA 2 VARIAN TEPUNG MOCAF ORIGINAL DAN MOCAF CRISPY...:)

3 comments:

  1. selamat pagi,saya tertarik dng produk mokaf yang and jual,apakah saya bsa mendapatkan informasi lebih banyk ttng produk trsbt diatas ??

    ReplyDelete
  2. Kami produsen tepung singkong/mocaf,siap kirim ke seluruh indonesia.
    Harap hubungi nirmala 081244918819.
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak nirmalasy untung widodo bogor lamat tokonya dimana? Kl sy mau beli 2 kg harga berapa.sy mo coba u buat roti apa bisa?tksh

      Delete