Translate

Wednesday, April 3, 2013

Hebatnya Si Daun Bawang

Selamat siang, TOJO Lovers... :)

TOJO Lovers kenal dengan bawang daun kan? Ini jenis sayuran dari kelompok bawang. Daun bawang sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu daun bawang bakung dan daun bawang prei. Beda daun bawang bakung dan daun bawang prei ada pada bentuk fisiknya saja. Daun bawang bakung mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, panjang, dan memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan daun bawang prei tidak memiliki umbi, berdaun panjang, pipih, dan memiliki pelepah yang panjang dan liat. Daun bawang biasanya ditemukan pada berbagai macam masakan, seperti telur dadar, kuah mie ayam, kuah bakso, soto, dan lain-lain.

Biasanya daun bawang digunakan hanya untuk sebagai penyedap rasa dan garnish (hiasan) pada masakan. Tapi ternyata, daun bawang yang mungkin disepelekan oleh beberapa orang, ternyata memiliki manfaat yang bagus sebagai obat alternatif. Meskipun memiliki jenis yang berbeda, namun daun bawang memiliki manfaat yang sama, yaitu :
  • Obat tradisional untuk flu
  • Menormalkan tekanan darah
  • Menambah nafsu makan
  • Mencegah infeksi jamur
  • Mencegah kanker usus
  • Membantu mengurangi stress dan keletihan
  • Mengurangi peradangan

Berikut ini beberapa cara menggunakan bawang daun untuk penyakit yang ringan.
1. Untuk sakit tenggorokan
Cacah bawang daun bagian putihnya, kemudian masukkan ke dalam kain katun atau tas kecil dari kain, kukus untuk kompres panas. Bisa juga ditambahkan jahe parut dan garam. Bungkus kain yang berisi cacahan daun bawang tadi dengan handuk atau bisa dimasukkan ke dalam wash lap, kemudian letakkan di tenggorokan, dada, telapak kaki, telapak tangan, dan punggung.

2. Untuk kaki bengkak
Rebus bawang daun utuh selama beberapa menit. Giling dan tambahkan air sedikit sampai daun bawang berbentuk pasta. Kemudian balurkan ke bagian kaki yang bengkak.

3. Untuk hidung meler (ingusan)
Tumbuk daun bawang sampai berair. Basahi kapas dengan air tersebut kemudian letakkan di hidung.


Nah, itu dia sedikit pengetahuan tentang daun bawang, TOJO Lovers. Jadi, mulai sekarang kalau ada daun bawang di makanan kamu, dimakan ya. Karena manfaatnya bagus banget kan... :)
Kami juga mulai menyediakan bawang daun organik, tapi tergantung panen dari kebun juga sih. Jadi kadang ada, kadang engga. Hehehe...

Keep healthy ya, TOJO Lovers... :)

No comments:

Post a Comment