Translate

Thursday, April 4, 2013

Segarnya Si Kacang Merah

Olaaaa, TOJO Lovers...
Kalau kemarin kita sudah sedikit lebih tahu tentang khasiat daun bawang, sekarang bagaimana kalau kita bahas tentang kacang merah? :)

Hmmmmm kalau dengar kata "kacang merah" apa sih yang pertama kali terbayang oleh TOJO Lovers? Es Kacang Merah yang segar? Sup Kacang Merah yang hangatnya sampai ke hati? Atau Roti isi Kacang Merah yang bikin nagih? Semua makanan yang menggunakan kacang merah sedap-sedap ya. Slruuuuppp jadi ngiler nih... Hahahaha. Selain enak di lidah dan kenyang di perut, kacang merah ternyata berpengaruh ke sistem metabolisme kita lho, TOJO Lovers... Mau tau seperti apa manfaatnya untuk tubuh kita? Yuk, kita belajar sama-sama ya... :)

1. Mengandung Zat Besi
Kandungan zat besi pada kacang merah merupakan sumber utama yang diperlukan untuk meningkatkan metabolisme dan energi tubuh. Selain itu, zat besi yang terkandung di dalam kacang merah juga bermanfaat membantu sirkulasi oksigen di dalam tubuh.

2. Mengandung Vitamin
Vitamin K yang banyak terkandung dalam kacang merah sangat berguna sebagai nutrisi penting untuk otak dan sistem syaraf. Kemudian vitamin B-nya merupakan sumber penting untuk sel-sel otak. Vitamin B berfungsi memelihara syaraf dan sel-sel otak yang dapat mencegah penyakit karena usia, seperti Alzheimer.

3. Mengandung Serat
Jika dimakan dalam jumlah tepat, kacang merah dapat membantu membersihkan saluran pencernaan. Dengan buang air besar secara teratur, TOJO Lovers dapat mengurangi resiko kanker usus besar, loh... Serat dan magnesium yang terkandung dalam kacang merah juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga menurunkan resiko penyakit jantung & penyakit pembuluh darah perifer. Keseimbangan metabolisme juga terbantu dengan adanya kandungan serat dalam kacang merah. Serat juga mampu menurunkan tingkat metabolisme karbohidrat sehingga menurunkan resiko gula darah. Selain itu, juga mampu mengontrol berat badan karena kacang merah memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

sumber: merdeka.com

Sekarang TOJO Lovers sudah tahu manfaatnya kan? Kalau begitu, gimana kalau kita sedikit eksperimen dengan kacang merah? Kami akan memberikan 1 resep kacang merah yang sepertinya cocok banget untuk cuaca di Indonesia akhir-akhir ini. :)

Panas dan gerah merupakan 2 kata yang sering terlontar ketika siang hari. Kalau sudah begitu, maunya makan yang seger-seger kan? Nah, ini kami berikan resep Es Kacang Merah yang akan membuat lidah TOJO Lovers bergoyang sangking senangnya! Hehehe. Check it out!

Es Kacang Merah

Bahan:
150 g  Kacang merah kering
200 mL  Susu kental manis
2,5 L  Air
2 lembar  Daun pandan
75 g  Gula pasir
Es batu secukupnya

Cara Membuat:
  • Didihkan air, masukkan kacang merah dan daun pandan, rebus hingga kacang merah matang
  • Masukkan gula pasir dan susu kental manis, aduk rata
  • Angkat dan diamkan sebentar supaya agak dingin
  • Siapkan gelas saji, masukkan kacang merah beserta airnya kemudian tambahkan es batu
  • Es Kacang Merah siap disantap

note: Susu kental manis dapat ditambahkan terakhir ketika akan disajikan. Susu kental manis yang digunakan boleh yang coklat atau vanilla, sesuai selera. Bisa dimodifikasi dengan ditambahkan buah lain sesuka kamu seperti nangka dan alpukat.

Hmmmm segar kan? Es Kacang Merah ini bisa menjadi menu yang asik buat menemani weekend kamu, TOJO Lovers... :)

Mencari kacang merah organik? Ya ke Toko Hijau aja! :)
 
Selamat mencoba, happy shopping dan keep healthy yaa... :)

No comments:

Post a Comment